Oh, Ternyata di Sini Titik Nol Surabaya

Daftar Isi
Oh, Ternyata di Sini Titik Nol Surabaya 

Meski sudah belasan tahun menetap di kota ini, kami sempat bingung di mana letak titik nol Surabaya. Baru-baru ini saja kami tahu, ternyata Titik Nol Kilometer Surabaya ada di depan kantor Gubernur Jawa Timur, tepat di seberang Tugu Pahlawan.

Sebenarnya, setelah diresmikan pada 2018, kami pernah melewati Jalan Pahlawan itu dalam rangka mengunjungi Museum 10 November. Kok, bisa-bisanya, kami tidak melihat tugu ini, ya?

Fungsi Tugu Titik Nol Surabaya

Fungsi Tugu Titik Nol Surabaya

Titik Nol Kilometer Surabaya merupakan patokan pengukuran jarak di Kota Surabaya. Hampir di semua wilayah di Indonesia memiliki tugu titik nol, dan menjadi daya tarik wisata di daerah masing-masing.

Biasanya, Titik Nol Kilometer ditandai dengan monumen atau pal kecil. Selain sebagai pengukur jarak suatu wilayah dengan wilayah lain, Titik Nol Kilometer juga berfungsi sebagai referensi pembangunan dalam suatu wilayah. Walaupun letaknya tidak benar-benar di tengah kota.

Bagaimanapun, Tugu Titik Nol Kilometer Surabaya termasuk salah satu cagar budaya Kota Surabaya. Sebab, pal tersebut telah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Selama ini, kita melewatkannya barangkali karena berada di bawah pepohonan yang rindang. Praktis, tetenger ini hanya bisa dilihat dari dalam halaman kantor Gubernur Jawa Timur.

Jika ada warga atau wisatawan yang ingin melihatnya, mereka harus meminta izin terlebih dahulu kepada penjaga di sana. Namun, bila sejak awal mereka yang tidak tahu dan hanya lewat, jangan harap Titik Nol Surabaya dikunjungi. Tidak ada yang akan membicarakannya juga.

Nah, supaya tugu ini bisa dilihat dan diapresiasi warga, sejak pertengahan 2018, pagar kantor Gubernur dibongkar dan sedikit dimundurkan. Tujuannya agar siapapun yang melewati daerah tersebut langsung tahu, bahwa di sinilah Titik Nol Kilometer Kota Surabaya.

Warga dan wisatawan juga diharapkan dapat berswafoto tanpa perlu repot-repot meminta izin Pak Satpam di kantor gubernuran.

Namun, mana mau orang-orang berswafoto dengan pal biasa begitu? Apa bagusnya? Rasanya, orang-orang tetap akan berlalu lalang tanpa terlalu memperhatikannya.

Maka agar titik nol ini dapat menjadi landmark baru Kota Surabaya, penampilannya harus mencolok dan Instagrammable. Pemprov Jatim akhirnya membangun kolam ikan (tetapi saat kami ke sana sudah kering), jogging track, tulisan tiga dimensi “Titik Nol”, Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha, dan beberapa dekorasinya.

Setelah semua selesai, barulah pada Desember 2018, Gubernur Jawa Timur saat itu, Soekarwo (Pakde Karwo) meresmikan Monumen Titik Nol Surabaya.

Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha

Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha

Tugu Titik Nol Kilometer Surabaya tidak berdiri sendiri. Bersamaan dengan diresmikannya tugu tersebut, diresmikan juga Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha. Wah, apa lagi ini?

Tugu berbahan baku kuningan dan baja ini didirikan atas instruksi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ketika memimpin upacara HUT Jawa Timur, 12 Oktober 2016. Menurutnya, berbagai pencapaian Provinsi Jawa Timur dalam pembangunan daerah harus diabadikan.

Parasamya Purnakarya Nugraha sendiri merupakan sebuah tanda kehormatan yang diberikan kepada sebuah institusi pemerintah atau organisasi yang menunjukkan karya tertinggi pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat. Meliputi pembangunan, peningkatan ekonomi, dan kondusivitas daerah.

Ketiga tugu kecil tersebut merupakan simbol capaian anugerah Parasamya Purnakarya Nugraha di tingkat nasional. Asal tahu saja, Jawa Timur telah tiga kali meraih penghargaan tersebut, yakni pada 1974, 2014, dan 2017. Terbanyak di Indonesia!

Pembuatan tugu dan dekorasinya melibatkan seniman pembuat Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali, I Nyoman Nuarta. Dalam tempo 2,5 bulan, ia menyelesaikan dekorasi patung yang ikonik.

Patung-patung gelap setinggi 5 meter dan panjang 10 meter itu memperlihatkan aneka kesenian Jawa Timur: Tari Remo Surabaya, Reog Ponorogo, Gandrung Banyuwangi, Karapan Sapi Madura, dan sebagainya.

Pakde Karwo berharap keberadaan tugu ini dapat mengingatkan masyarakat akan prestasi yang diraih Jawa Timur, dan bersedia mempertahankannya bersama.

Titik Nol Surabaya & Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha

Titik Nol Kilometer atau Titik 0 Surabaya berlokasi di tempat strategis, yakni di depan kantor Gubernur Jawa Timur (Jatim) di Jalan Pahlawan Surabaya. Karena terletak di ruang publik, tidak ada tiket masuk. Siapa saja dan kapan saja boleh mengakses tempat tersebut.

Namun, jika Ayah-Bunda ingin berkunjung ke sini dan menggunakan kendaraan pribadi, jangan parkir sembarangan, mengingat lokasinya di depan bangunan orang nomor satu Jawa Timur.

Sedangkan kalau naik Bus Suroboyo, Ayah-Bunda bisa turun di Halte Tugu Pahlawan dan berjalan kaki sejauh kurang-lebih 400 meter ke arah selatan.

  • Alamat: Jalan Pahlawan 110, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Jawa Timur 60174 (Google Maps)
  • Diresmikan: Desember 2018
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Gratis