Asuransi Perjalanan: Jenis-Jenis dan Cara Klaim

Daftar Isi
Asuransi Perjalanan: Jenis-Jenis dan Cara Klaim

Asuransi perjalanan merupakan produk asuransi yang mampu memberikan perlindungan saat pemegang polis sedang melakukan perjalanan di dalam negeri maupun luar negeri. Mulai banyak masyarakat yang menggunakan asuransi ini karena bisa menanggung biaya pengobatan dan dapat memberikan ganti rugi jika terjadi keterlambatan dan pembatalan perjalanan.

Untuk yang ingin memiliki asuransi ini baiknya lihat ulasan berikut agar tahu jenis-jenis asuransinya.

Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

Perusahaan asuransi sekarang tidak hanya menyediakan satu jenis produk asuransi travel saja, tapi ada banyak jenis asuransi ini yang bisa dipilih nasabah. Contoh jenis asuransi yang bisa dipilih dapat dilihat selengkapnya berikut ini.

Individual Travel Insurance

Untuk yang suka melakukan solo trip sebaiknya pilih asuransi jenis ini yang dibuat khusus untuk satu orang saja. Asuransi ini biasanya sudah masuk secara otomatis ke dalam tiket moda transportasi yang dipilih oleh nasabah.

Proteksi asuransi ini terbilang cukup standar dan hanya berlaku untuk moda transportasi tertentu saja, sehingga tidak bisa memberikan perlindungan menyeluruh.

Kalau ingin mendapatkan perlindungan menyeluruh, maka perlu membeli asuransi di perusahaan bukan menggunakan asuransi yang satu paket dengan tiket alat transportasi.

Harga asuransi yang perlindungannya lebih lengkap memang lebih mahal tapi dengan memiliki asuransi ini bisa merasakan kenyamanan dan keamanan ketika melakukan perjalanan.

Family Travel Insurance

Asuransi perjalanan jenis ini sangat cocok dipilih apabila suka liburan bersama keluarga. Asuransi ini mampu melindungi satu keluarga yang terdiri dari dua orang dewasa dan sejumlah anak kecil. Ketentuan dan kebijakan produk asuransi ini berbeda, tergantung dari perusahaan asuransi yang mengeluarkan

Harga asuransi ini terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan asuransi individu karena biaya premi asuransi ini dibayarkan dalam satu paket, bukan secara individu.

Meskipun harganya terbilang murah, tapi asuransi ini menawarkan banyak keuntungan untuk nasabah. Contoh keuntungannya adalah mendapatkan jaminan ganti rugi atas keterlambatan maupun pembatalan perjalanan.

Asuransi Dalam Negeri

Asuransi perjalanan domestik atau dalam negeri merupakan jenis asuransi yang sangat diminati di Indonesia, karena premi asuransi ini sangatlah murah.

Asuransi ini bisa sangat murah harganya dikarenakan perusahaan yang menawarkan asuransi ini sering memberikan promo-promo menarik yang dapat nasabah manfaatkan.

Asuransi ini juga memberikan perlindungan cukup komplit, mulai dari ganti rugi uang ketidaknyamanan yang disebabkan gangguan perjalanan, pertanggungan biaya pengobatan jalan atau rawat inap di rumah sakit dan juga santunan jika nasabah mengalami cacat permanen atau kematian karena kecelakaan di perjalanan.

Anual Travel Insurance

Asuransi perjalanan yang satu ini juga cukup populer, karena bisa memberikan manfaat sepanjang tahun untuk pemegang polis. Pemegang polis bisa mendapatkan proteksi selama setahun penuh ketika melakukan perjalanan.

Biasanya, perusahaan asuransi yang mengeluarkan produk asuransi ini akan menetapkan manfaat yang bisa dinikmati pemegang polis saat melakukan perjalanan yang jumlahnya tidak terbatas.

Kalau sering melakukan perjalanan dalam negeri bisa langsung membeli produk asuransi ini agar tidak perlu berkali-kali membeli asuransi baru setiap akan melakukan perjalanan.

Cara Klaim Asuransi Perjalanan

Apabila pemilik polis ingin mengajukan klaim karena terjadi pembatalan perjalanan, maka langkah yang perlu dilakukan adalah menghubungi pihak asuransi setelah terjadi pembatalan.

Pemegang polis tidak diperbolehkan menghubungi perusahaan asuransi saat melebihi waktu yang ditentukan, yaitu 30 hari, karena bisa menyebabkan klaim mengalami kegagalan.

Setelah menghubungi perusahaan asuransi, selanjutnya mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Contohnya mempersiapkan identitas diri, salinan polis asuransi, formulir pengajuan klaim dan salinan tiket kereta api atau pesawat.

Kalau dokumennya sudah dipersiapkan, pemegang polis cukup mengajukan klaim asuransi perjalanan secara offline maupun online sesuai kebijakan perusahaan.